Senin, 26 September 2016

Tahapan dalam Aplikasi Pengolahan Digital


    1. Data Acquisition (Akusisi Data)
Tahap ini merupakan tahap awal untuk mendapatkan citra digital. Tujuan akuisisi data adalah untuk menentukan data yang diperlukan dan memilih metode perekaman citra digital. Tahap ini dimulai dari objek yang akan diambil gambarnya, persiapan alat-alat, sampai pada pencitraan.

    2. Prepocessing (Peningkatan Kualitas Citra)
Pada tahap ini dalam meningkatkan kualitas citra dapat meningkatkan kemungkinan dalam keberhasilan pada tahap pengolahan citra digital berikutnya.
Tahap Prepocessing yang dilakukan pada jurnal ini, terjadi pada saat setelah dilakukan scan LJK, gambar yang dihasilkan tersebut akan dirubah kedalam bentuk deteksi tepi Sobel dengan metode algoritma sobel untuk memperbaiki detail dari citra yang kabur, yang terjadi karena error atau adanya efek dari proses akuisisi citra. Setelah citra LJK dirubah kedalam bentuk deteksi tepi sobel maka akan didapatkan ekstraksi untuk mendeteksi nomor ujian, nama, tanggal lahir, nama, kode pelajaran, paket soal, dan jawaban pada LJK.

    3.  Feature Extraction (Ekstraksi Ciri)
Ekstraksi ciri bertujuan untuk memilih informasi kuantitatif maupun kualitatif dari ciri yang ada, yang dapat membedakan kelas-kelas objek secara baik.
Ekstraksi ciri yang akan membedakan kelas-kelas objek dari jurnal tersebut, yaitu dengan menggunakan teknik deteksi tepi. Deteksi tepi pada suatu citra adalah suatu proses yang menghasilkan tepi-tepi dari obyek-obyek citra, sehingga kelas-kelas objek yang terdapat pada citra tersebut dapat dibedakan dengan baik.

    4. Enrollment (Pendaftaran)
Proses pendaftaran yang terjadi dalam jurnal ini, yaitu ketika mendaftarkan diri untuk menjadi admin pada aplikasi yang telah dibuat. Pendaftaran admin ini dilakukan oleh Guru SMPN 2 Kota Bengkulu dan kepala kurikulum. Login admin dilakukan dengan cara admin terlebih dahulu harus melakukan login dengan menginput Id username dan password pada form utama aplikasi tersebut.

    5. Comparison (Perbandingan)
Tahap Perbandingan yang terdapat dalam jurnal ini terjadi pada saat sistem membandingkan data kunci jawaban dengan data jawaban siswa. Jika data jawaban sama dengan data kunci jawaban maka skor nilai 1, sebaliknya jika data tidak sama maka skor nilai 0. Jumlah nilai diperoleh dengan penjumlahan semua skor nilai.

    6. Reference Database Design
Perancangan desain database pada aplikasi yang dibuat pada jurnal ini dilakukan pada saat setelah LJK di scan, hasil deteksi masing-masing LJK akan disimpan ke database, sehingga pengguna dapat melakukan pengoreksian seluruh data LJK siswa.
Design database lainnya, yaitu terdapat pada menu report yang dibuat pada aplikasi pendeteksi jawaban LJK ini yang berfungsi untuk mencetak laporan otomatis atau report yang akan menampilkan kartu ujian siswa, matapelajaran dan nilai siswa. Nilai untuk setiap siswa ditampilkan berdasarkan tahun pelajaran dan kelas pada form report menggunakan “group by” pada desain report.

    7. Decision Making (Pengambilan Keputusan)

Pengambilan Keputusan dilakukan pada jurnal ini pada saat menentukan dan mencetak hasil dari penelitian yang telah dibuat. Hasil pengujian rata-rata waktu dalam melakukan Scan LJK adalah 6,29 detik, Sobel 1,528 detik, Deteksi Jawaban 1,812 detik, Simpan Hasil Deteksi 1,858 detik, Koreksi per LJK 0,537 detik dan Koreksi 314 LJK 10,25 detik.

0 komentar:

Posting Komentar