Rabu, 21 September 2016

Review Jurnal Pengolahan Citra Digital


Judul                           :  Aplikasi Pengolahan Citra Digital untuk  Pendeteksi Jawaban Pada        Lembar Jawaban Komputer Menggunakan Algoritma Sobel (Studi          Kasus Smp Negeri 2 Kota Bengkulu)
Volume & Halaman     : Vol. 7 No. 2 Oktober 2014 
Tahun                           : 2014
Penulis                         : Asahar Johar, Desi Andreswari, Gita Triyana


A.                 Abstrak
Jurnal yang berjudul “Aplikasi Pengolahan Citra Digital untuk Pendeteksi Jawaban Pada Lembar Jawaban Komputer Menggunakan Algoritma Sobel (Studi Kasus Smp Negeri 2 Kota Bengkulu)” berisi tentang pembuatan aplikasi yang digunakan untuk mendeteksi jawaban pada lembar jawaban komputer dengan melakukan studi kasus langsung di SMP Negeri 2 Bengkulu.
Lembar jawaban komputer belakangan ini dapat diperiksa menggunakan scanner yang harganya terbilang cukup mahal. Aplikasi yang dibuat dalam penelitian ini menggunakan algoritma sobel untuk memeriksa jawaban pada lembar jawaban komputer tersebut. Abstrak yang disajikan penulis hanya menggunakan bahasa Indonesia.

B.                 Pendahuluan
Evaluasi belajar sangat diperlukan untuk mengetahui sejauh mana  pengetahuan siswa terhadap mata pelajaran tertentu disekolahnya. Evaluasi ini juga menjadi bahan pembelajaran bagi guru untuk memperbaiki proses belajar mengajar tersebut. Evaluasi pembelajaran bisa berupa Try Out yang dapat dilakukan secara bertahap yang biasanya menggunakan Lembar Jawaban Komputer.  Pemeriksaan LJK dapat dilakukan menggunakan scanner yang harga cukup terbilang mahal terlebih lagi jika sekolah tersebut tidak mendapat bantuan dari pemerintah.
Jurnal yang ditulis ini bertujuan untuk menghasilkan aplikasi yang dapat mendeteksi jawaban siswa pada lembar LJK serta meminimalisir biaya    pengeluaran untuk membeli sebuah scanner pemeriksa LJK yang dibuat menggunakan algoritma sobel.

C.                 Kajian Pustaka
Pengolahan citra adalah pemrosesan citra, khususnya dengan menggunakan komputer, menjadi citra yang kualitasnya lebih baik. Umumnya, operasi-operasi pada pengolahan citra diterapkan pada citra bila perbaikan atau memodifikasi citra (Parkesit, 2008). Memperbaiki citra dapat menggunakan deteksi tepi yang merupakan suatu proses yang menghasilkan tepi-tepi dari obyek citra dan akan berfungsi untuk menandai bagian yang menjadi detail citra serta memperbaiki detail dari citra yang kabur, yang terjadi karena error atau adanya efek dari proses akuisisi citra. Pendeteksian batas (edge) dari sebuah gambar dilakukan dengan melakukan operasi matrik sobel terhadap gambar yang akan dilakukan pendeteksian gambar. (Murdianto, 2007). Pendeteksian tepi pada penelitian ini menggunakan algoritma sobel yang kelebihannya adalah dapat mengurangi noise sebelum melakukan perhitungan deteksi tepi. Metode Sobel ini sendiri adalah pengembangan metode Robert dengan menggunakan filter HPF (High Pass Filter) yang diberi satu angka nol penyangga.

D.                 Metodologi Penelitian
Jurnal ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa studi pustaka dan observasi. Metode pengembangan sistem dalam Aplikasi Pengolahan Citra pada Pendeteksi Lembar Jawaban Komputer ini menggunakan Model Waterfall. Metode  ini diikuti oleh beberapa tahapan, diantaranya Initial Investigation (penelitian awal), Requirements Definition (definisi kebutuhan) dan System Design (perancangan sistem). Pembangunan sistem pada jurnal ini menggunakan bahasa pemrograman Pascal dengan editor Delphi dan pengkodean database menggunakan SQL Server 2008. Sedangkan tahap Testing/pengujian dilakukan menggunakan Black Box Testing yang akan menguji kinerja sistem dalam pengaksesan database maupun kebenaran hasil deteksi jawaban pada LJK. Pengoperasian serta pemeliharaan sistem akan dilakukan oleh guru SMPN 2 Kota Bengkulu dan Kepala Kurikulum.

E.                 Hasil Penelitian
Hasil dari penelitian ini yaitu waktu yang di peroleh untuk  mengkoreksi semua data LJK yaitu 10,21 detik dan skor hasil koreksi merupakan skor penilaian yang diperoleh dari pembandingan kunci jawaban dengan data jawaban siswa. Jumlah nilai diperoleh dengan penjumlahan semua skor nilai. Sedangkan nilai akhir didapatkan dari jumlah nilai dibagi dengan banyaknya field yang terisi pada kunci jawaban, dan selanjutnya jumlah nilai dan nilai akhir didapatkan dari skor nilai.
Sebelum sistem di operasikan pengguna melakukan login dengan memasukan Id dan password Admin dan melakukan-scan LJK dengan menekan tombol Scan LJK pada scan printer. Hasil dari penelitian ini akan ditampilkan dengan waktu yang diperlukan 6,57 detik. Setelah dilakukan scan LJK, maka berikutnya dirubah dalam bentuk deteksi tepi Sobel dengan menekan tombol sobel dengan waktu 1,48 detik.

Kesimpulan
Hasil deteksi LJK yang digunakan pada penelitian ini berupa arsiran dari jawaban yang telah dikerjakan pada LJK. Aplikasi yang digunakan untuk mengkoreksi LJK dibuat menggunakan algoritma sobel. Secara lebih rinci hasil pengujian dengan rata- rata waktu dalam melakukan Scan LJK adalah 6,29 detik, Sobel 1,528 detik, Deteksi Jawaban 1,812 detik, Simpan Hasil Deteksi 1,858 detik, Koreksi per LJK 0,537 detik dan Koreksi 314 LJK 10,25 detik.

Silahkan download Jurnal yang belum di review pada link di bawah ini.
Download>>

0 komentar:

Posting Komentar