Rabu, 21 September 2016

Perbedaan Software dan Software Engineering


A.          SOFTWARE
1.1       Pengertian Software
Pengertian software dalam bahasa Indoensia adalah perangkat lunak. Software adalah bagian tidak terpisahkan dalam perangkat keras atau hardware. Pengertian software secara umum dapat diartikan sebagai sekumpulan data-data elektronik yang tersimpan dan diatur oleh komputer yang berupa program atau instruksi untuk menjalankan dan mengeksekusi suatu perintah. Dalam sebuah komputer, software bisa diibaratkan sebagai jiwanya komputer. Tanpa adanya software, sebuah komputer hanyalah seonggok barang mewah yang tidak mempunyai fungsi. Software adalah perangkat yang ada di dalam komputer yang tidak dapat kita sentuh dan tidak pula dapat kita lihat bentuk fisiknya. Namun, software ini dapat kita operasikan saat kita menggunakan komputer atau media elektronik lainnya. Maka dari itu, tidak berlebihan jika software adalah program yang menjalankan atau program yang dengannya, kita bisa mengatur jalannya komputer. Sedangkan hardware secara gampangannya merupakan perangkat keras yang dapat kita lihat dan kita sentuh, contohnya yaitu, mouse, keyboard, printer, dll.

1.2       Jenis-Jenis Software atau Perangkat Lunak
Fungsi software adalah sebagai sarana interaksi antara pengguna dan perangkat keras. Melalui software inilah, bahasa manusia diterjemahkan kedalam bahasa mesin, sehingga kita bisa mengatur mesin komputer dengan mudah. Software atau perangkat lunak bisa kita golongkan menjadi 3 macam. Macam-macam software tersebut antara lain adalah sebagai berikut.
a)      Sistem Operasi
Sistem operasi merupakan perangkat lunak atau software yang digunakan untuk mengelola keseluruhan sistem komputer. Tanpa adanya sistem operasi, komputer hanyalah sebuah hardware yang tidak mempunyai fungsi. Sistem Operasi (contohnya, Microsoft Windows, Mac OS, Linux, dll).



b)       Program Aplikasi
Program aplikasi ini secara umum hanya bisa di pasang (di install) dalam sebuah komputer yang telah memiliki sistem operasi. Program Aplikasi (contohnya, Microsoft Office, Open Office, Adobe Photoshop, dll).
c)        Software Pemrograman
Software Pemrograman (yakni Bahasa pemrograman Pascal, visual Basic, Delphi, dll). Software pemrograman adalah software yang dapat kita gunakan untuk membangun software lain. Dengan kata lain, ini seperti mesin yang tujuan penggunaannya adalah untuk membuat mesin yang lainnya.

Selain penggolongan software tersebut diatas, software dapat digolongkan menurut cara pendistribusiannya. Macam-macam software menurut pendistribusiannya adalah sebagai berikut.
a)        Commercial Software
Commercial Software (Software Berbayar) merupakan perangkat lunak yang didistribusikan untuk tujuan komersil, setiap pengguna yang ingin menggunakan atau mendapatkan software tersebut dengan cara membeli atau membayar pada pihak yang mendistribusikannya. pengguna yang menggunakan software berbayar umumnya tidak diijinkan untuk menyebarluaskan software tersebut secara bebas tanpa ijin ada penerbitnya. Contoh software berbayar ini misalnya adalah sistem microsoft windows, microsoft office, adobe photo shop, dan lain-lain.
b)       Freeware
Freeware atau perangkat lunak gratis adalah perangkat lunak komputer berhak cipta yang gratis digunakan tanpa batasan waktu, berbeda dari shareware yang mewajibkan penggunanya membayar (misalnya setelah jangka waktu percobaan tertentu atau untuk memperoleh fungsi tambahan). Para pengembang perangkat gratis seringkali membuat perangkat gratis freeware untuk disumbangkan kepada komunitas, namun juga tetap ingin mempertahankan hak mereka sebagai pengembang dan memiliki kontrol terhadap pengembangan selanjutnya. Freeware juga didefinisikan sebagai program apapun yang didistribusikan gratis, tanpa biaya tambahan. Sebuah contoh utama adalah suite browser dan mail client dan Mozilla News, juga didistribusikan di bawah GPL (Free Software).

c)        Free Software
Free Software lebih mengarah kepada bebas penggunaan tetapi tidak harus gratis. Pada kenyataannya, namanya adalah karena bebas untuk mencoba perangkat lunak sumber terbuka (Open Source) dan di sanalah letak inti dari kebebasan, yaitu program-program di bawah GPL, sekali diperoleh dapat digunakan, disalin, dimodifikasi dan didistribusikan secara bebas. Jadi free software tidak mengarah kepada gratis pembelian tetapi penggunaan dan distribusi. Begitu keluar dari lisensi kita dapat menemukan berbagai cara untuk mendistribusikan perangkat lunak, termasuk freeware, shareware atau Adware. Klasifikasi ini mempengaruhi cara di mana program dipasarkan, dan independen dari lisensi perangkat lunak mana mereka berasal. Perbedaan yang nyata antara Free Software dan Freeware. Konflik muncul dalam arti kata free dalam bahasa Inggris, yang berarti keduanya bebas dan gratis. Oleh karena itu, dan seperti yang disebutkan sebelumnya, Free Software tidak perlu bebas, sama seperti Freeware tidak harus gratis.
d)       Shareware
Shareware juga bebas tetapi lebih dibatasi untuk waktu tertentu. Shareware adalah program terbatas didistribusikan baik sebagai demonstrasi atau versi evaluasi dengan fitur atau fungsi yang terbatas atau dengan menggunakan batas waktu yang ditetapkan (misalnya 30 hari) . Dengan demikian, memberikan pengguna kesempatan untuk menguji produk sebelum membeli dan kemudian membeli versi lengkap dari program. Sebuah contoh yang sangat jelas dari tipe ini adalah perangkat lunak antivirus, perusahaan-perusahaan ini biasanya memudahkan pelepasan produk evaluasi yang hanya berlaku untuk jumlah hari tertentu. Setelah melewati maksimum, program akan berhenti bekerja dan Anda perlu membeli produk jika Anda ingin tetap menggunakannya.
e)        Firmware
Firmware adalah aplikasi yang mengacu kepada perangkat lunak yang disimpan di dalam Memori Read Only (hanya baca). Tidak seperti memori akses acak, Firmware tidak akan dapat berubah meski tidak dialiri listrik. Rutin-rutin yang mampu menyalakan komputer (startup) serta instruksi input/output dasar (semacam BIOS atau sistem operasi embedded) disimpan di dalam Firmware. Modifikasi memang masih bisa dilakukan, akan tetapi hal tersebut tergantung dari jenis ROM (Read Only Memory) yang digunakan. Firmware yang disimpan dalam ROM tidak dapat diubah, tetapi Firmware yang disimpan dalam ROM yang dapat diubah semacam EEPROM atau Flash ROM, masih dapat diubah sesuai dengan kebutuhan.
f)         Malware
Malware (perangkat perusak) berasal dari gabungan kata malicious dan software adalah perangkat lunak yang diciptakan untuk menyusup atau merusak sistem komputer, peladen atau jejaring komputer tanpa izin termaklum (informed consent) dari pemilik. Istilah ini adalah istilah umum yang dipakai oleh pakar komputer untuk mengartikan berbagai macam perangkat lunak atau kode perangkat lunak yang mengganggu atau mengusik. Istilah virus computer kadang-kadang dipakai sebagai frasa pemikat (catch phrase) untuk mencakup semua jenis perangkat perusak, termasuk virus murni (true virus).
Perangkat lunak dianggap sebagai malware berdasarkan maksud yang terlihat dari pencipta dan bukan berdasarkan ciri-ciri tertentu. Perangkat perusak mencakup virus komputer, cacing komputer, kuda Troya (Trojan horse), rootkit, perangkat pengintai (spyware), perangkat iklan (adware), perangkat jahat (crimeware) dan perangkat lunak lainnya yang berniat jahat dan tidak diinginkan. Menurut undang-undang, perangkat perusak kadang-kadang dikenali sebagai ‘pencemar komputer’, hal ini tertera dalam kode undang-undang di beberapa negara bagian Amerika Serikat, termasuk California dan West Virginia.

B.          SOFTWARE ENGINEERING
2.1         Pengertian Software Engineering
Software Engineering didefinisikan oleh Fritz Bauer sebagai: penerapan dan penggunaan prinsip-prinsip engineering yang baik dalam rangka menghasilkan software yang ekonomis, reliable, dan bekerja secara efisien pada komputer sungguhan. Sementara itu IEEE mendefinisikan Software Engineering sebagai aplikasi yang sistematis, tertata, mampu untuk dikembangkan, dioperasikan, dirawat dan diperbaiki, itulah sebuah aplikasi software engenering.dan mempelajarinya. Software Engineering  terdiri dari 3 elemen kunci, yaitu sebagai berikut.

a.        Metode
Metode ini terdiri dari serangkaian tugas yaitu sebagai berikut.
       Perencanaan & estimasi proyek
       Analisis kebutuhan sistem dan software
       Desain struktur data
       Arsitektur program dan prosedur algoritma
       Coding, Testing dan pemeliharaan

b.        Peralatan (Tools)
Peralatan  Software  Engineering  memberikan  dukungan  atau semiautomasi untuk metode, contohnya adalah sebagai berikut.
       CASE  yaitu  suatu  software  yang  menggabungkan  software, hardware,  dan  database  software  engineering  untuk menghasilkan suatu lingkungan software engineering.
       Database  Software  Engineering,  adalah  sebuah  struktur  data yang  berisi  informasi  penting  tentang  analisis,  desain,  kode dan testing.
       Analogi dengan CASE pada hardware adalah : CAD, CAM, CAE

c.         Prosedur
Metode ini terdiri dari beberapa tugas yaitu sebagai berikut.
       Urut-urutan di mana metode tersebut diterapkan
       Dokumen, laporan-laporan, formulir-formulir yang diperlukan
       Mengontrol kualitas software
       Mengkoordinasi perubahan yang terjadi pada software

C.          Perbedaan antara Software dan Software Engineering
Perbandingan antara Software dan Software Engineering adalah Software merupakan sebuah perangkat lunak dan sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah sedangkan Software Engginering itu sendiri adalah Ilmu yang mempelajari tehnik pembuatan Software yang baik dengan pendekatan tenik. Perbedaan yang sangat terlihat dilihat pada kedua fungsi antara Software dan Software Engginering itu sendiri dimana Software merupakan suatu perangkat lunak dan Software Engginering adalah orang yang menganalisis perangkat lunak tersebut.



REFERENSI
Vicky. Pengertian Software (perangkat lunak) Komputer. http://belajar-komputer-mu.com/pengertian-software-perangkat-lunak-komputer/ (Diakses Tanggal 20 September 2016)
Syaifurrahman. Pengertian Software Komputer Paling Lengkap Disini!. http://www.websitekomputer.com/2014/10/pengertian-software-komputer-paling-lengkap.html (Diakses Tanggal 20 September 2016)
Nasution, Juliar. Pengertian Software Engineering. http://juliarnasution.blogspot.co.id/2015/03/pengertian-software-engineering.html (Diakses Tanggal 20 September 2016)

0 komentar:

Posting Komentar