Senin, 26 September 2016

PRAKIRAAN PERTUMBUHAN PENDUDUK BERDASARKAN METODE FUZZY LOGIC

1.            Definisi Pertumbuhan Penduduk
Pertumbuhan penduduk adalah perubahan populasi sewaktu waktu. Populasi merupakan sekumpulan individu dengan ciri yang sama yang hidup menempati ruang yang sama dan waktu yang tertentu. Pertumbuhan penduduk pada dasarnya dipengaruhi oleh beberapa faktor alami, yaitu kelahiran serta kematian.

a)   Faktor Kelahiran
Kelahiran adalah lahirnya bayi ke dunia yang merupakan permulaan kepada sebuah kehidupan manusia. Kelahiran bersifat menambah jumlah penduduk.
Klasifikasi
Kelahiran (per tahun)
Tinggi
>30 jiwa
Sedang
20-30 jiwa
Rendah
<20 jiwa
Tabel 1.1 Angka Kelahiran
Tabel 1.1 merupakan tabel klasifikasi dari salah satu faktor alami pertumbuhan penduduk, yaitu faktor kelahiran. Tabel tersebut mengklasifikasi perkiraan jumlah jiwa dari kelahiran penduduk dari jenis kelahiran penduduk tinggi, kelahiran penduduk sedang serta kelahiran penduduk yang rendah yang diukur per tahunnya. Berikut ini merupakan grafik fuzzy logic dari Tabel 1.1 yang dapat dilihat di bawah ini.

 


b)   Faktor Kematian
Kematian adalah hilangnya tanda-tanda kehidupan manusia secara permanen. Kematian bersifat mengurangi jumlah penduduk.
Klasifikasi
Kematian (per tahun)
Tinggi
>18 jiwa
Sedang
14-18 jiwa
Rendah
<14 jiwa
Tabel 1.2 Angka Kelahiran
Tabel 1.2 merupakan tabel klasifikasi dari salah satu faktor alami pertumbuhan penduduk, yaitu faktor kematian. Tabel tersebut mengklasifikasi perkiraan jumlah jiwa dari kematian penduduk berdasarkan jenis kematian penduduk tinggi, kematian penduduk sedang serta kematian penduduk yang rendah yang diukur per tahunnya. Berikut ini merupakan grafik fuzzy logic dari Tabel 1.2 yang dapat dilihat di bawah ini.



2.            Klasifikasi Pertumbuhan Penduduk
Klasifikasi pertumbuhan Penduduk dapat ditentukan berdasarkan faktor diatas, yaitu faktor kelahiran serta kematian. Berdasarkan Tabel 1.1 serta Tabel 1.2 yang telah memaparkan klasifikasi dari masing-masing faktor pertumbuhan penduduk, maka pertumbuhan penduduk dapat dikategorikan menjadi pertumbuhan penduduk tinggi, pertumbuhan penduduk sedang dan pertumbuhan penduduk yang rendah dengan menggunakan indikator dari masing-masing faktor kelahiran serta kematian. Tabel klasifikasi pertumbuhan penduduk dapat dilihat pada Tabel 1.3 sebagai berikut. 
  

Kematian Tinggi
Kematian Sedang
Kematian Rendah
Kelahiran Tinggi
PS
PT
PT
Kelahiran Sedang
PR
PS
PS
Kelahiran Rendah
PR
PS
PS
Tabel 1.3 Klasifikasi Pertumbuhan Penduduk


0 komentar:

Posting Komentar